Pages

Minggu, 11 Maret 2012

Pengertian PSIKOLINGUISTIK dari beberapa ahli...


Psycholinguistics atau the psychology of language merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang membahas tentang proses-proses pemerolehan dan penggunaan bahasa ditinjau dari segi psikologi (Nan Bernstein Ratner, dkk. 1998).
Emmon Bach (Tarigan, 1985: 3) mengemukakan bahwa psikolinguistik adalah suatu ilmu yang meneliti bagaimana sebenarnya para pembicara/pemakai bahasa membentuk/membangun kaliamat-kalimat bahasa tersebut.
(Chaer. 2003:5) berpendapat bahwa psikolinguistik mencoba mengurai proses-proses psikologi yang berlangsung jika seseorang mengucapkan kalimat-kalimat yang didengarnay pada waktu berkomunikasi dan bagaimana kemampuan bahasa diperoleh manusia.
Psikolinguistik adalah ilmu yang memepelajari hubungan antara bahasa dengan perilaku dan akal budi manusia serta kemampuan berbahasa dapat diperoleh. (Kridalaksana, 1982:140)
Psikolinguistik adalah penggabungan antara dua kata 'psikologi' dan 'linguistik'. Psikolinguistik mempelajari faktor-faktor psikologis dan neurobiologis yang memungkinkan manusia mendapatkan, menggunakan, dan memahami bahasa.(http://id.wikipedia.org/wiki/Psikolinguistik)
Aitchison (Dardjowidojo,2003: 7) berpendapat bahwa psikolinguistik adalah studi tentang bahasa dan minda. Sejalan dengan pendapat di atas.
Field (2003: 2) mengemukakan psycholinguistics explores the relationship between the human mind and language ‘psikolinguistik membahas hubungan antara otak manusia dengan bahasa’. Minda atau otak beroperasi ketika terjadi pemakaian bahasa.
Levelt (Marat,1983: 1) mengemukakan bahwa psikolinguistik adalah suatu studi mengenai penggunaan dan perolehan bahasa oleh manusia.
“Psikolinguistik adalah suatu ilmu yang menguraikan proses-proses psikolog yang berlangsung jika seseorng mengucapkan kalimat-kalimat yang didengarnya  pada waktu berkomunikasi dan bagaimana kemampuan berbahasa itu diperoleh manusia”. ( Slobin, 1974; Miller, 1964; Slam Cazaku,1975).
John Lions (1968 : 160) berpendapat bahwa “psikolinguistik adalah telaah mengenai produksi (sintesis) dan rekognisi (analisis) “.

0 komentar:

Poskan Komentar